Kamis, 21 November 2019

JURNAL #16: Penyihir Berdasarkan Asal Sumber Kekuatannya

Merry meet, Namaste, Rahayu...


Halo, apa kabar, saudara saudari Penyihir dan Wiccan? Apa kalian melewati Merkury Retrograde dengan aman? Semoga aman-aman saja, yaaaa...


Setelah beberapa bulan lalu aku membuat postingan tentang jenis penyihir berdasarkan latar belakangnya, kali ini aku akan berbagi tentang jenis-jenis penyihir berdasarkan sumber kekuatan mereka. Oh ya, semua ini aku buat berdasarkan pendapat dan pengamatan pribadi. Oke, langsung saja.

1. Penyihir Alami (Natural/Born Witch)

Penyihir Alami adalah jenis penyihir yang amat langka, sebab mereka tidak mendapatkan atau menarik kekuatan melalui dewa-dewi, roh alam, apalagi iblis, melainkan dari dalam diri mereka sendiri. Mereka umumnya terlahir dari keluarga non-penyihir dan mengalami kehidupan yang berliku. Biasanya mereka tidak memiliki ayah atau bahkan yatim piatu. Kekuatan mereka biasanya berkembang dengan sendirinya tanpa ada pelatihan khusus. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kekuatan yang ada dalam diri mereka akan bermunculan dan berkembang. Awalnya mereka pasti tidak akan menyadari keistimewaan mereka, tapi setelah usianya matang mereka akan menyadari hal tersebut.

2. Penyihir Satanik (Satanic Witch)

Penyihir Satanik adalah yang paling sering muncul di tv-tv, di mana para wanita menandatangani buku perjanjian dengan The Devil. Penyihir jenis ini mendapatkan kekuatan dari sumber yang tak lain adalah The Devil sendiri. Jika si Penyihir berpaling dari The Devil, ada kemungkinan kekuatan sihirnya akan hilang dan mereka bisa saja mati.

3. Penyihir Buatan (Made Witch)

Penyihir Buatan dikatakan sebagai jenis penyihir yang paling rendah. Sebab kekuatannya berasal dari Penyihir yang menciptakannya. Ya, seorang Penyihir memang bisa menciptakan Penyihir lain. Ini tak ubahnya kalau kita berguru pada seseorang dan Sang Guru mengalirkan sedikit ilmunya kepada kita, lalu kita diminta untuk mengolah kekuatan itu sendiri. Penyihir ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan sihir mereka dibandingkan dua jenis lainnya.

4. Penyihir Pagan (Pagan Witch)

Penyihir Pagan adalah jenis Penyihir yang mendapatkan kekuatan sihir mereka dari dewa-dewi tertentu. Biasanya mereka adalah pengikut atau pemuja yang setia dari dewa-dewi terkait. Mereka ada yang biasa-biasa saja hingga yang ekstrim. Umumnya, mereka secara berkala akan memberikan persembahan besar kepada dewa-dewi yang mereka puja. Persembahannya beragam, bisa binatang hingga manusia, tergantung seberapa ekstrim paham yang mereka anut. Sihir mereka akan semakin kuat jika persembahan yang mereka berikan semakin besar. Pada masa kini, sudah tidak banyak Penyihir Pagan. Kalaupun ada, mereka  tidak lagi memberikan persembahan manusia, tapi masih memberikan kurban binatang.

5. Penyihir Langitan (High Witch)

Penyihir Langitan adalah jenis Penyihir yang mendapatkan kekuatan sihir dari benda-benda langit dan juga para malaikat. Mereka adalah kelompok yang jarang menggunakan sihir untuk kepentingan duniawi. Sihir mereka lebih difokuskan pada untuk kepentingan ritual besar. Biasanya mereka sangat ahli dalam hal astronomi dan juga praktisi Kabbalah.

6. Penyihir Bumi/Wiccan (Earth Witch/Wiccan)

Ada Penyihir Langitan, ada Penyihir Bumi. Penyihir Bumi adalah jenis Penyihir yang sumber kekuatannya berasal dari bumi beserta isinya. Mereka sangat menghormati bumi dan memuja-Nya. Mereka adalah kelompok yang menggunakan sihir untuk pemenuhan keinginan-keinginan sejati mereka. Selain memuja bumi, mereka juga memuja dewa-dewi tertentu yang merupakan representasi dari fenomena alam, seperti: siang, malam, dan pergantian musim; aspek kehidupan, seperti: kemakmuran, kesuburan, dll; dan elemen-elemen di bumi, seperti: gunung, laut, sungai, dll.

7). Penyihir Shamanik (Shamanic Witch)

Penyihir jenis ini yang menurut pendapat pribadiku agak kurang fleksibel. Sebab, para praktisinya harus selalu berada di tanah tempat mereka diinisiasi atau mendapatkan 'wahyu'. Kekuatan mereka berasal dari para leluhur, para pendahulu, serta roh-roh alam yang berkuasa di tempat tersebut.
.

Oke, itu saja untuk hari ini. Terima kasih sudah singgah di Biara Wicca, dan akhir kata...


Blessed be!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer