Jumat, 11 Januari 2019

MAGICK TODAY #10: Konjurasi VS Pemanggilan

Merry meet... Namaste...

Apa kabar saudara-saudari Wiccan dan Witches? Bagaimana sejauh ini hari kalian di tahun 2019 ini? Semoga seperti yang kalian harapkan yaaa...

Langsung saja, hari ini aku akan membahas Konjurasi dan Summoning. Aku ingatkan lagi, semua yang aku bahas di sini adalah berdasarkan pandangan pribadiku. Jadi, mungkin akan sama atau sama sekali berbeda dengan kalian. Oh ya, jangan lupa untuk baca Evokasi VS Invokasi juga.



Konjurasi (Ing: Conjuration) adalah salah satu spellwork yang dilakukan dengan cara merapalkan mantra atau doa-doa untuk mengundang satu entitas (tingkat rendah) yang kemudian disegel dalam suatu vesel atau wadah.

Di sisi lain, Konjurasi juga dapat disebut 'mengadakan' yang artinya kita memvisualkan satu entitas yang belum ada dan mengadakannya melalui mantra, afirmasi, atau doa-doa lalu menyegel entitas tersebut ke dalam satu vesel atau tidak sama sekali.

Sedangkan Summoning berarti memanggil entitas yang sudah ada untuk datang dan menunjukkan wujudnya di hadapan kita sebagai pemanggil.

Lesser Key Of Solomon adalah buku yang terkenal membahas tatacara pemanggilan 72 Goetia Demon yang melegenda. Di dalam buku itu dikatakan bahwa jika ritual yang dilakukan benar-benar berhasil, maka Sang Demon akan benar-benar hadir dan menunjukkan wujudnya di hadapan kita. Selain Lesser Key Of Solomon, ada juga buku yang bernama Book Of Abramelin yang berisi tatacara untuk memanggil Guardian Angel kita atau Angel secara umum.

Tidak hanya merujuk pada entitas tingkat tinggi, summoning juga bisa digunakan untuk memanggil entitas tingkat rendah tanpa perlu menyegelnya ke dalam suatu vesel.

Dari kedua itu, yang pernah aku lakukan adalah konjurasi. Yang mana saat itu aku menciptakan atau mengadakan makhluk spiritual yang sebelumnya belum ada dari energi dan visualisasiku yang kujadikan sebagai familiar spirit. Aku pribadi belum berani untuk summoning, karena dibutuhkan pengalaman dan juga guru pembimbing. Ditambah lagi, aku mash belum menemukan situasi atau keadaan yang mengharuskanku men-summon mereka.



Dibandingkan dengan Konjurasi, Summoning jauh lebih berbahaya. Karena yang disummon cenderung makhluk yang memiliki energi luar biasa besar, demon semisal. Jika kita tidak punya punya power yang besar untuk mengendalikan mereka, maka kitalah yang akan dikendalikan. Celakanya, nyawa kita taruhannya. Mungkin kalau yang di-summon makhluk yang berceceran di jalanan sedikit lebih aman. Tapi tetap saja, aku pribadi enggan melakukan hal itu saat ini, nggak tahu kalau besok hahaha...

Aku peringatkan untuk yang baru belajar Wicca atau Witchcraft, sebaiknya jangan lakukan summoning apa pun tanpa pendampingan. Jangan melakukan summoning hanya karena penasaran dan coba-coba. Itu sangat BERAHAYA!!!

Oke, segitu saja untuk hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah singgah di Biara Wicca. Akhir kata...

Blessed be!

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Merry meet..
      Terima kasih sudah singgah di Biara Wicca

      Hapus
  2. hi gan boleh mau nanya untuk prihal spirit yg di konjurasi, apakah spirit tersebut bisa dilock dampak negatif nya dan benfit" nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merry meet...
      Kalau yg dikonjur adalah spirit yg sudah ada, mungkin ada yg bisa ada juga yg nggak bisa. Tergantung jenis dan tingkatan makhluknya juga. Kalau pun bisa dikunci dampak negatifnya, itu pasti nggak akan bertahan lama, dan "kuncinya" itu harus diperbarui secara berkala.. Itu pendapat saya ya. Jujur saya awam sama konjurasi, lebih lanjut bisa bertanya ke para konjurer yg sudah master..

      Hapus

Postingan Populer