Sabtu, 15 Februari 2020

FAMILIAR #4: Kelinci, Penyihir, dan Witchcraft

Merry meet, Namaste, Rahayu...

Halo, saudara-saudari Wiccan dan Witches-ku. Apa kabar kalian? Semoga selalu penuh berkah.
Lama tidak jumpa ya, haha. Hari ini aku ingin membahas tentang Familiar lagi. Kali ini topiknya adalah kelinci. Iya, kalian tidak salah dengar. Ini kelinci yang lembut dan lucu itu. Siapa sangka makhluk yang tampak lemah itu memiliki hubungan yang sangat erat dengan Witchcraft dan Witch (penyihir).


Kenapa bisa demikian? Ini ada hubungannya dengan cara hidup kelinci itu sendiri dan kaitannya dengan beberapa deity.

Seperti yang kita tahu, kelinci adalah hewan yang sangat subur. Sekali mereka beranak, mereka bisa menghasilkan banyak anak. Karena itu mereka dikaitkan sebagai simbol kesuburan dan musim semi. Dikatakan, kelinci memiliki hubungan erat dengan Dewi Freya (demi cinta dan nafsu), Dewi Ostara (dewi musim semi dan kesuburan), dan Dewa Hermes (dewa pembawa pesan dan pengembaraan). Roh Kelinci dapat dipanggil dalam ritual sihir, terutama yang berhubungan dengan kesuburan.

Kelinci juga dikaitkan dengan bulan. Ketika di langit sedang ada Hare Moon (Bulan Kelinci), para penyihir kuno akan pergi ke tanah lapang, telanjang, dan membaluri tubuh mereka dengan minyak tertentu untuk menarik energi bulan. Energi dari Bulan Kelinci dapat membantu kita untuk lebih kreatif, produktif, dan penuh hasrat  untuk mencapai sesuatu. Dan, kelinci juga dianggap sebagai pembawa pesan dari orang-orang yang sudah meninggal. Orang zaman dulu percaya jika di rumah mereka tiba-tiba melihat ada seekor kelinci di halaman dan terus berada di sana seperti mengawasi, padahal mereka tidak memelihara kelinci, mereka akan menganggap itu sebagai pertanda kedatangan dari keluarga yang sudah meninggal.

Kalian juga pasti tahu kalau, kelinci juga sering terlihat menggali tanah. Ini menggambarkan sifat kehati-hatian namun juga rasa takut dari seorang penyihir. Ada juga disebutkan bahwa para penyihir di  Eropa, seperti Irlandia dan Skotlandia, itu mampu melakukan perubahan bentuk menjadi kelinci dan melakukan perjalanan secara tak terdeteksi. Konon, kelinci perwujudan seorang penyihir hanya bisa ditembak dengan peluru perak.
Orang-orang zaman dulu percaya jika mereka melakukan perjalanan, kemudian di hadang oleh seekor kelinci yang terlihat aneh, mereka akan cenderung menghindar. Karena mereka meyakini itu bisa saja penyihir yang sedang menyamar.

Dikatakan bahwa menyimpan kaki kelinci dapat memberikan keburuntungan, sedangkan kepercayaan lain mengatakan itu untuk melindungi dari sihir jahat.
.

Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang kelinci sebagai Familiar. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah singgah di Biara Wicca. Akhir kata...


Blessed be!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer