Sabtu, 05 Mei 2018

JURNAL #9: SUMMERLAND - Apa dan Di mana Summerland itu?

Merry meet... Namaste...

Apa kabar teman-teman Wiccan dan Witches? Semoga sehat selalu. Yak, kembali lagi bersama Mage Niskala. Kali ini, aku akan membahas tentang SUMMERLAND. Ada yang pernah dengar? Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang pernah mendengarnya dan sebagian lagi belum. Sebenarnya, Summerland adalah hal yang umum dibicarakan oleh para praktisi Wiccan, Witchcraft, dan/atau praktisi Craft lainnya. Hanya saja, beda budaya beda penamaannya.
Meskipun sebagian besar kalian sudah tahu soal Summerland, mari kita anggap saja lebih banyak yang belum tahu, hahahaha...


Sumber: Google



Apa dan Di mana Summerland itu?

Sebelum kita ke pokok pembahasan, pernahkah kalian berpikir atau bertanya-tanya, ke manakah para Wiccan, Witches, dan praktisi Craft lainnya pergi setelah kematian mereka? Apakah ada Surga dan Neraka dalam Wicca, Witchcraft, dan praktik Craft lainnya; sebagai bentuk hadiah dan hukuman?

Mungkin, kalian sudah sering kali mendengar soal ini. Dalam Wicca (dan Witchcraft dan Craft lainnya) mempercayai adanya kehidupan setelah kematian (Afterlife) dan reinkarnasi. Akan tetapi, Afterlife dalam Wicca berbeda dengan Afterlife yang sering digambarkan sebagai Surga dan Neraka. Dalam Wicca dikatakan, bahwa setelah para Wiccan mati dan Sang Jiwa meninggalkan tubuh fisik, mereka akan pergi ke alam yang disebut dengan Summerland.

Summerland inilah Afterlife-nya Wicca. Di sana bukan tempat untuk mendapatkan hadian atau hukuman atas semua yang kita lakukan semasa hidup. Di Summerland tiddak ada rasa sakit, penderitaan, tangis, dan dukacita. Semua berbahagia di sini. Ada dikatakan, bahwa Summerland adalah dunia yang sangat indah. Padang rumput hijau membentang, angin sepoi-sepoi menerpa membuat rerumputan seolah menari-nari. Kupu-kupu dan lebah menari-nari di antara kuntum bunga yang bermekaran. Pohon-pohon berbuah ranum, air dingin dan sejuk selalu mengalir di sungai-sungai yang jernih. Langit tampak begitu indah dengan jutaan bahkan milyaran kerlap-kerlip bintang yang tampak begitu dekat. Itu hanya gambaran yang dapat dicapai oleh akal manusia.

Di Summerland ini, para Jiwa akan mengevaluasi semua yang telah mereka lakukan selama hidup, mengambil pelajaran dari kehidupan sebelumnya untuk bekal mereka ketika kembali lahir ke dunia. Selain itu, Jiwa-jiwa yang sakit dan terluka juga akan memulihkan diri mereka di sini. Di sinilah para Jiwa menunggu sampai saatnya mereka dilahirkan kembali ke dunia. Ya, para Jiwa memang tidak selamanya tinggal di Summerland dan menikmati segala keindahan dan kedamaian. Jika telah tiba saatnya mereka untuk bereinkarnasi, maka mereka akan meninggalkan Summerland. Buruknya adalah, semua Jiwa yang telah meninggalkan Summerland tidak akan mengingat kehidupan mereka di Summerland. Hanya beberapa saja yang dapat mengingat bagaimana kehidupan di Summerland, itu pun tidak secara utuh. Mereka yang diizinkan untuk mengingat umumnya memiliki misi yang tertentu, ya meskipun setiap Jiwa selalu membawa misi mereka masing-masing.

Dalam Kejawen, sejauh yang aku tahu, dikenal adanya Alam Perantunan (baca: Alam Penantian). Di alam inilah Jiwa-jiwa akan dikumpulkan bersama Jiwa-jiwa lain yang satu frekuensi. Misal, para Wiccan akan dikumpulkan dengan Wiccan-wiccan lain. Mereka akan mendapatkan semacam review tentang semua yang telah mereka lakukan dari Sang Hakim, Penguasa Alam Perantunan. Perbuatan baik dan buruk mereka akan dihitung dan diberi poin. Poin mereka akan sangat mempengaruhi bagaimana mereka akan bereinkarnasi (atau dalam bahasa Jawa disebut dengan Tumimbal Lahir); menjadi siapa, di lingkungan apa, dalam kondisi keluarga seperti apa, dll. 

Konon, orang-orang suci atau orang-orang yang ada dalam tataran spiritual tingkat tinggi, di alam ini, mereka bisa menentukan atau meminta kepada Sang Hakim mengenai kelahiran mereka kembali. Mereka memiliki kuasa untuk menentukan kapan mereka ingin dilahirkan kembali, di keluarga mana, di lingkungan seperti apa, dll.

Jika mengacu pada pembagian Astral Plane yang terbagi menjadi tujuh alam, agaknya Summerland ataupun Alam Perantunan ini berada pada antara plane keempat, lima, atau keenam. Tapi kalau boleh menebak-nebak, mungkin aku akan memilih Astral Plane Keenam atau biasa disebut Monadic. Jika kalian punya pendapat lain, silakan komentar di bawah yaaa...

Oke, sekian dulu bahasan kita tentang Summerland dan Afterlife. Semoga tulisan ini berguna bagi kalian. Terima kasih sudah singgah di  Biara Wicca. Dan, akhir kata...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer