Kamis, 01 Maret 2018

JURNAL #7: Makna di Balik Simbol OUROBOROS

Merry meet... Namaste... Rahayu...

Selamat malam, Wiccan dan Witches? Apa kabar? Semoga nggak bosen dengan tulisan-tulisanku yaaaa... Akhir-akhir ini aku sering sekali update. Karena apa, karena sekarang aku sudah punya WiFi sendiri dan itu cukup meningkatkan produktifitasku sebagai blogger.

Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi pada kalian tentang sebuah simbol yang menjadi lingkarang reinkarnasi abadi, di mana keabadian akan kembali abadi. Aku beberapa kali melihat simbol seperti ini, tapi waktu itu artikel yang kubaca simbol seperti ini melambangkan kebijaksanaan tertinggi. 

Di artikel tersebut dijelaskan bahwa ULAR adalah lambang pengetahuan yang dimiliki oleh seorang individu. ULAR tersebut berusaha memakan dirinya sendiri melalui ekornya, hal itu kemudian diartikan sebagai proses dari ADA menuju TIADA. Artinya seperti ini, semua pengetahuan itu sejatinya bersumber dari SANG KOSONG, Tuhan yang tidak terdefinisi wujud dan sifatnya. Maka Tuhan ini dikatakan Maha Kosong (Jawa: Suwung). Akan tetapi, dari KEKOSONGAN ini (sengaja aku  tulis dengan kapital karena merujuk pada Tuhan), semua hal tercipta, mulai dari makhluk, alam semesta, pengetahuan, dll. Sehingga, TIADA itu menjadi ADA dan bermanifestasi dalam rupa pengetahuan dan ilmu yang diemban oleh seorang manusia. 

"Proses ADA menjadi TIADA ini adalah proses mengembalikan apa yang semula berasal dari TIADA menuju TIADA itu sendiri."

Jika seseorang yang telah mengemban banyak pengetahuan dan mengandung banyak ilmu dalam dirinya, umumnya mereka akan dikenai penyakit hati, yaitu angkuh, bangga diri, perasaan lebih dari yang lain, dan akhirnya lupa dari mana sumber pengetahuan/ilmu tersebut. Untuk mereka yang merasa bahwa pengetahuan dan ilmu yang mereka miliki sejatinya hanyalah milik Sang Kosong, hanya ilusi untuk mereka yang memiliki. Perasaan tidak memiliki yang muncul itu akan membuat mereka menuju kebijaksanaan tertinggi, di mana mereka akan memasuki tataran Manusia dengan Kesadaran Ilahi. Karena itulah simbol Ular Menelan Diri Sendiri diartikan sebagai Kebijaksanaan Tertinggi dan Kesadaran Ilahiah.

Agaknya, simbol yang sama ini memiliki arti yang lain. Untuk arti yang satu ini aku baru mengetahuinya, tepat hari ini. Berikut ini aku paparkan makna dari simbol Ouroboros (Uroboros) berdasarkan wikipedia.


Ouroboros (atau Uroborus) adalah sebuah simbol kuno yang menggambarkan ular atau naga memakan ekornya sendiri. Nama berasal dari dalam bahasa Yunani; οὐρά (Oura) yang berarti "ekor" dan βόρος (boros) yang berarti "makan", sehingga "ia yang makan ekor".

Ouroboros merupakan pembaharuan siklus abadi hidup dan tak terbatas, konsep keabadian dan kembali abadi, dan merupakan siklus kehidupan, kematian dan kelahiran kembali, yang mengarah ke keabadian, seperti dalam phoenix. Simbol matematika saat ini tak terhingga ( ∞ ) mungkin berasal dari varian pada Ouroboros klasik dengan ular melingkar sekali sebelum makan ekornya sendiri, dan penggambaran seperti dari loop ganda sebagai ular makan ekornya sendiri yang umum hari ini di fantasy art dan sastra fantasi, meskipun dugaan lain juga ada.

Hal ini juga dapat merupakan gagasan kesatuan primordial terkait dengan sesuatu yang ada dalam atau bertahan sebelum awal dengan kekuatan atau kualitas yang tidak dapat dipadamkan. The ouroboros telah penting dalam simbolisme keagamaan dan mitologis, tetapi juga telah sering digunakan dalam ilustrasi alkimia, di mana ia melambangkan sifat melingkar dari alkemis opus. Hal ini juga sering dikaitkan dengan Gnostisisme, dan Hermetisisme.

Carl Jung menafsirkan Ouroboros memiliki makna yang tipikal bagi jiwa manusia. Psikolog Jung Erich Neumann menulis saja sebagai representasi dari "negara fajar" pra-ego, yang menggambarkan pengalaman masa pertumbuhan dibedakan dari kedua manusia dan individu anak.

Nah, itu tadi makna dari simbol Ouroboros berdasarkan wikipedia. Meskipun maknanya berbeda dari yang selama ini aku tahu, tapi aku rasa itu bukan menjadi masalah. Toh, keduanya memiliki makna yang cukup positif (setidaknya untukku). Demikian tadi sekilas tentang makna dibalik simbol Ouroboros. Semoga bermanfaat.

Merry meet and meery heart, blessed be!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer